Jelang Nataru dan Kampanye, Senkom Jabar Adakan Pelatihan Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas

Jelang Nataru dan Kampanye, Senkom Jabar Adakan Pelatihan Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas

Sumedang (23/11). Guna menekan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri Jawa Barat menggelar Pelatihan Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas. Kegiatan tersebut dihelat pada Rabu (22/11) di Gedung Graha Aulia Jatinangor, Sumedang.

Pada kesempatan itu, Kasubdit Dirbinmas Polda Jabar, AKBP Llilies Mulyani mengapresiasi Senkom Mitra Polri yang telah mengandeng Polda Jabar untuk menggelar kegiatan ini, mengingat potensi meningkatnya kasus kecelakaan lalu lintas menjelang libur hari raya natal dan tahun baru, hingga menghadapi pesta demokrasi Pemilu 2024 yang akan diramaikan dengan kampanye.

“Menurut kami ini waktunya pas saat menjelang kampanye. Biasanya masa kampanye banyak pawai, tidak menutup kemungkinan akan banyak kejadian kecelakaan. Selain itu juga menjelang operasi natal dan tahun baru. Masyarakat banyak meramaikan natal dan tahun baru sehingga kemungkinan kecelakaan ada,” ucapnya.

Ia juga mengapresiasi Senkom yang telah rutin menggelar pelatihan setiap tahunnya. “Sangat baik saya apresiasi. Senkom mitra polri selalu mengadakan pelatihanyang sesuai dengan situasi dan kondisi,” lanjutnya.

Ia juga menjelaskan, ada dua faktor utama yang kerap kali menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas. Faktor tersebut adalah faktor kelalaian pengendara, dan kondisi kendaraan.

“Bisa karena mengantuk, ngebut, belum pandai mengendarai tapi sudah berani ke jalan besar. Atau dari kondisi kendaraannya. Personilnya pintar mengemudi, tapi ternyata remnya blong. Atau sudah tahu tidak layak jalan tetapi masih dioperasikan.  Bisa juga muatannya melebihi kapasitas tetapi masih dipaksakan,” jelasnya.

Untuk itu ia berharap Senkom bisa terus bersinergi dengan kepolisian dalam menjaga kamtibmas dan turun berpartisipasi aktif membantu menangani kecelakaan lalu lintas. “Meski ini tugasnya kepolisian, tetapi kalaa pada saat yang sedang di perjalanan anggota senkom melihat kecelakaan di perjalanan otomatis siapapun termasuk masyarakat akan melakukan pertologan pertama,” tutupnya.

Menaggapi hal tersebut, Ketua Senkom Mitra Polri Jawa barat, Titok Thosan Batoro mengungkapkan kegiatan ini merupakan salah satu upaya Senkom untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat, khususnya anggota Senkom dalam menangani korban kecelakaan lalu lintas.

“Selama ini kami selalu dalam bimbingan kepolisian terutama Polda Jabar untuk memberikan pelatihan kepada Senkom Mitra Polri. Tujuannya supaya tidak salah. Kita niatnya menolong tapi malah mencelakakan kan itu yang kita khawatirkan,” ucapnya.

Sebagai tindak lanjut, ia mengungkapkan, Senkom akan mengerahkan personil terdekat dengan lokasi kecelakaan untuk membantu menangani korban lalu lintas.

“Setiap hari di Senkom itu ada lapsit atau laporan situasi, makannya se-Indonesia kita tahu ada kecelakaan atau keamanan bencana. Kita komunikasikan dengan cepat. Para personil dilatih untuk gerak cepat membantu menangani,” tutupnya.

Kasubdit Polmas Polda Jabar AKBP Lilis Mulyani

Share this post

Post Comment